Anda adalah pengunjung ke :

Jumat, 27 Januari 2017

SnS Maxi PRO 
PROBIOTIK  SAPI /RUMINANSIA 


Pengertian probiotik secara umum adalah suatu bahan feed suplement yang berupa jasad hidup mikrobial yang mempunyai pengaruh menguntungkan bagi ternak induk semangnya (host) dengan meningkatkan keseimbangan mikrobial pada saluran pencernaan ternak tsb. 

Seperti diketahui bahwa di dalam saluran pencernaan ternak yaitu di bagian lambung dan usus terdapat berjenis-jenis mikrobia. Mikrobia yang terdapat di dalam pencernaan tersebut dibedakan dalam 2 tipe.
  • Tipe yang pertama adalah mikrobia non-pathogen yang bersifat menguntungkan ternak selama proses pencernaan berlangsung sehingga dikenal sebagai benefical species
  • Tipe kedua adalah tipe yang bersifat pathogen, yaitu yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit pada ternak. 
 Pada keadaan normal yaitu pada kondisi kesehatan ternak dalam keadaan baik, kedua tipe mikrobia tersebut berada dalam keadaan seimbang. Sejumlah interaksi simbiosis dan kompetisi terjadi di antara kedua tipe mikrobia tersebut. 

Keadaan seimbang tersebut tidak selamanya tetap, misalnya pada saat ternak mengalami stress, akan menyebabkan perubahan keseimbangan yang lebih mendukung ke arah mikrobial patogenik dominant dan menyebabkan turunnya performance ternak, gangguan pencernaan, dan pada keadaan yang parah dapat menyebabkan kematian. Penggunaan probiotik akan membantu mencegah serangan mikrobia patogen selama ternak mengalami stress. 

Peran Probiotik 

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan kelebihan probiotik sebagai fungsional feed suplement ternak. Probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan dapat menetralisir toksin yang dihasilkan oleh mikrobia patogen, menghambat pertumbuhan mikrobial patogen dengan mencegah kolonisasi di dinding usus mempengaruhi aktivitas enzim di dalam usus, dan meningkatkan pertumbuhan serta performans ternak. 

Pada ternak ruminansia pengaruh probiotik secara umum adalah :

- Meningkatkan kecernaan bahan kering pakan, khususnya fraksi serat kasar.
- Pada sapi muda, probiotik akan menaikkan pertambahan berat badan dan konsumsi pakan.
- Pada sapi perah akan meningkatkan produksi susu dan lemak susu dan
- Pada sapi pedaging akan meningkatkan efisiensi penggunaan pakan dan pertambahan berat hidup. 

SnS Maxi PRO adalah produk suplemen probiotik yang dikembangkan oleh SnS PROJECT GROUP mengandung bakteri/mikroorganisme-microorganisme non pathogen (BAL/Bakteri Asam Laktat) dan fungi (Saccharomyces cerevisiea dan Aspergillus oryzae) yang berfungsi sebagai enzim proteolitik (pengurai protein), lipolitik, selulolitik dan mikroba asam lambung maupun lignolitik (pengurai serat kasar), dan juga mengandung multivitamin, mikro mineral dan asam amino yang membantu menanggulangi ketidakseimbangan nutrisi dan mempercepat pemulihan kondisi tubuh setelah terserang penyakit bakterial dan parasit 

Probiotik SnS Maxi PRO yang diberikan sebagai fungsional feed suplement memiliki kemampuan dalam meningkatkan kesehatan dan produktifitas ternak. Pada keadaan ternak mengalami stress seperti laktasi, kebuntingan, kelahiran, transportasi, penyapihan, perubahan pakan dan cuaca, penggunaan SnS Maxi PRO sangat dianjurkan. 

Stress sebagai akibat dari sejumlah perubahan kondisi lingkungan fisik maupun emosi seperti tersebut di atas menyebabkan sekresi hormon-hormon adenotropik oleh kelenjar pituary sehingga menstimulir adrenal korteks untuk mensintesa kortikoid. Hal tersebut mempengaruhi fisiologis tubuh ternak termasuk produksi getah lambung di mana akan menaikkan keasaman lambung. Keadaan asam lambung tersebut akan menyebabkan peningkatan serangan penyakit oleh mikrobia patogenik. Penggunaan SnS Maxi PRO dalam kondisi ini memberikan hasil yang efektif, karena akan menetralisisr serangan mikrobia patogen.


Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar