Anda adalah pengunjung ke :

Minggu, 18 Oktober 2015

TATALAKSANA PEMELIHARAAN AYAM PETELUR (1)

PERSIAPAN KANDANG
Sebelum memulai pemeliharaan ayam, ada tahapan penting yang harus dilakukan oleh peternak yaitu persiapan kandang, meliputi :

Pencucian Kandang
  1. Setelah ayam ditransfer, kandang harus dibersihkan. Semua kotoran dikeluarkan jauh dari lingkungan kandang. Demikian pula keluarkan seluruh peralatan di dalam kandang. Cuci semua bagian kandang dengan detergen (100 gram/100 Lt air) dan gunakan mesin semprot bertekanan tinggi.
  2. Lakukan pengapuran kandang (10 kg kapur hidup dan 20 kg amonium sulfat pada permukaan lantai seluas l00 m². Tebarkan secara merata dan semprot dengan 100 liter air pada permukaannya. Kemudian tutup tirai kandang dan semprot dengan formalin (10 ltr/ 90 It air).
  3. Masukkan Litter yang telah di desinfeksi dan sebarkan merata. Penyebaran litter minimal ketebalannya 5 - 8 cm. Jika litter dari serutan kayu, gunakan 5 kg / m², sedangkan jika menggunakan sekam padi 2,5 - 4 kg / m².
Pencucian peralatan
  • Setelah peralatan dikeluarkan dari kandang, cuci dengan detergen dan rendam dengan air desinfektan. Kemudian diangkat dan biarkan kering. Setelah peralatan bersih dan kering, simpan gudang peralatan. Lakukan fumigasi pada peralatan kandang. Cuci pula tempat penampungan air minum dan bersihkan instalasi air minum.
Pemasangan Tirai
  1. Setelah kandang bersih dan litter telah disebar, pasang tirai dalam dan lakukan penyemprotan dengan desinfektan (formalin 10 %) ke seluruh bagian kandang.Tirai samping bagian atas terbuka 20 - 30 cm.
  2. Setelah kandang bersih, masukkan peralatan dan pasang tempat minum, baki DOC dan Pemanas (brooder/indukan). 
  3. Tiga hari sebelum DOC masuk,semprot kembali dengan formalin 10 %.

PERIODE BROODING

Tujuan Brooding

Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan yang nyaman dan sehat secara efisien dan ekonomis bagi anak ayam, untuk pertumbuhan optimal.

Periode brooding sangat memerlukan ketersediaan panas yang cukup pada minggu pertama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
  1. Temperatur lantai kandang / litter.
  2. Perhatikan kondisi litter agar selalu kering (tidak basah / menggumpal).
  3. Pemberian pakan 5 -8 kali / hari (pakan dan minum tersedia setiap saat).
  4. Berikan air minum ditambahkan dengan gula (1%). Atau berikan larutan Bennefit plus 0.015 ml/ekor & SnS PRO 0.035 ml/ekor
  5. Pastikan minimal 95% dan populasi DOC, temboloknya telah terisi pakan.
  6. Perhatikan intensitas dan distribusi cahaya.

Pada periode ini terjadi perkembangan sistem kekebalan tubuh dan gastrointestinal yang cepat. oleh karena itu periode ini sangat menentukan performance akhir.

Persiapan Brooding
  • Sebelum anak ayam tiba ada hal yang sangat penting yang sering diabaikan peternak yaitu menempatkan letak pemanas yang sesuai disertai dengan peralatan yang memadai untuk bisa memberikan kenyamanan bagi anak ayam,. 
  • Untuk daerah dengan temperatur brooding pada malam hari tidak tercapai, disarankan menambah tirai dalam.

Penerimaan DOC
  • Saat DOC datang, kontrol segel box DOC. 
  • Periksa jumlah dan kondisi DOC tiap-tiap box. 
  • Timbang beberapa DOC (sampel ± 10% dari populasi) dan segera tempatkan DOC dalam brooder.
  • Hangatkan kandang secara merata pada suhu 33°C, 6- 8 jam sebelum DOC tiba.
(BERSAMBUNG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar